Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Selasa, 08 Maret 2016

Pengertian,Fungsi,Jenis-jenis,Cara Mengetahui Speck dan Tips memilih VGA Card yang Tepat

Teknoku13 - Pada postingan kali ini,saya akan memberikan informasi seputar Teknologi.VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru,VGA masih di implementasikan pada pocket PC.VGA atau singkatan dari Video Graphics Accelerator merupakan sebuah hardware dengan kemampuan yang dapat melakukan Rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan di monitor.Jadi tugas device ini untuk menampilkan gambar atau visual di monitor.Jika anda ingin membuat rakitan komputer untuk games,VGA sangat wajib anda miliki,karena hardware ini sangat mendukung pada tampilan monitor.

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640 × 480,apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Untuk Proses desain grafis atau permainan video,diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal adalah ATI dan nVidia. Selain itu, VGA Card juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor.standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari VGA,tetapi kenyataannya VGA justru digantikan oleh super VGA.





FUNGSI VGA Card
Fungsi utama dari VGA Card pada monitor adalah untuk membantu sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi sebuah tampilan layar grafik pada monitor. Karena itu,pada beberapa jenis komputer yang tidak memiliki VGA Card,ataupun memiliki VGA Card dengan kualitas seadanya,maka tampilan layar menjadi kurang baik dan tidak menarik.
Selain berfungsi untuk mentransmisikan sinyal digital,bagi komputer yang memiliki VGA Card dengan kapasitas yang besar,akan berfungsi lebih baik lagi,seperti :
1. Membantu membuat desain grafis dan juga 3D design.
2. Grafik dalam bermain game menjadi lebih baik.
3. Tampilan layar menjadi lebih jernih dan tajam.
4. Dapat mengkoneksikan PC ke layar TV dengan menggunakan HDMI sehingga menghasilkan kualitas gambar yang baik.
5. cocok bagi user yang sedang menonton film dengan detail yang sempurna.

Jenis VGA Pada Komputer
Di lihat dari bentuknya,VGA Card terbagi menjadi 2 jenis yaitu on board dan add-on. VGA on board bisa dijumpai di dalam rangkaian motherboard itu sendiri karena sudah satu paket. Performance dari jenis on board sendiri sebetulnya cukup baik jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi seperti game 3D.

VGA add-on adalah hardware terpisah yang dipasangkan pada slot kartu grafis di motherboard atau biasa disebut VGA Card. Jenis ini sangat cocok untuk memproses grafis tingkat tinggi seperti bermain game 3D,menggambarkan edit film dan membuat desain grafis. Namun anda harus memperhatikan kemampuan atau performance dari kartu grafis add-on jika anda berniat menggunakannya.

Jenis VGA Card  Berdasarkan Memori yang di Gunakan
1. DRAM (Dynamic RAM)
Kartu grafis dengan menggunakan DRAM memiliki kecepatan 80 ns atau 70 ns,ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM)yang memiliki DRAM berlapis. DRAM banyak digunakan oleh VGA Card 8,16 dan 32 bit. Penggunaan DRAM ditujukan untuk komputer entry level tidak terlalu memerlukan warna dan kecepatan tinggi dalam merendering grafis.
2. EDO RAM
Kartu Grafis dengan menggunakan memori EDO RAM memiliki kecepatan 60 ns sampai 30 ns.EDO RAM banyak ditemui pada VGA Card 64 bit.
3. VRAM (Video RAM)
Kartu Grafis dengan menggunakan VRAM memiliki kecepatan 20 ns sampai 10 ns.VRAM lebih mahal dibandikan dengan DRAM karena lebih cepat dalam melakukan rendering. Penggunaan VRAM biasanya digunakan untuk komputer High Level.
4. SGRAM (Synchronous Graphics RAM)
Kartu Grafis  dengan menggunakan SGRAM memilki kecepatan kurang dari 10 ns. SGRAM dikembangkan berdasarkan SDRAM pada memori komputer.SGRAM banyak digunakan untuk VGA Card kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D Accelerator.
5. RAMBUS
Kartu Grafis dengan menggunakan RAMBUS jumlahnya sangat sedikit.Biasanya VGA Card berjenis RAMBUS digunakan untuk console game seperti Nitendo dan Sega.

Jenis Slot VGA Komputer
Untuk pemasangan VGA  komputer,ada beberapa jenis bentuk slot yang ada  di dalam motherboard. Berikut jenis-jenis slot peripheral untuk memasang kartu grafis :
1. Kartu Grafis ISA adalah jenis VGA Card yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8 bit atau 16 bit.
2. Kartu Grafis EISA adalah jenis VGA Card yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 32 bit.
3.Kartu Grafis PCI adalah jenis VGA Card yang dimasukkan pada slot ekspansi PCI ( Peripheral Component Interconnect) bus yang bersistemkan I/O 32 atau 64 bit.
4. Kartu Grafis AGP adalah jenis VGA Card yang dipasang pada slot ekspansi AGP ( Accelerated Graphics Port) bus yang bersistemkan I/O 128 atau 256 bit.
5. Kartu Grafis PCI express (PCIe) adalah jenis VGA Card yang ditancapkan pada slot ekspansi PCIe.Bus yang bersistemkan I/O dengan kecepatan transfernya mencapai hingga 32 GByte/s.

Cara Mengetahui Speck VGA Komputer
Ada 2 cara yang mudah untuk mengetahui speck dari VGA komputer anda,yaitu :
1. Menggunakan software CPU-Z
Dengan menggunakan CPU-Z ini,semua spesifikasi VGA dapat dengan mudah kita lihat.Untuk link downloadnya,silahkan cari di mbah google.
2. menggunakan DirectX
caranya :
a. Buka Run dengan mengklik tombol Windows + R di keyboard secara bersamaan.
b. Lalu ketik dxdiag,kemudian tekan enter.
c. Setelah itu,klik menu Display,maka akan tampak informasi dari VGA Card anda.

Tips Memilih VGA Card yang Tepat
Bagi anda yang ingin mendapatkan suatu sistem komputer dengan kecepatan tinggi serta grafik yang keren,maka anda juga harus memperhatikan pemilihan VGA Card untuk sistem. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih VGA Card untuk komputer :
1. Sesuaikan VGA Card dengan slot atau socket pada motherboard yang dimiliki.
2. Cek juga kesesuaian antara beban maksimal listrik rumah,karena semakin besar speck komputer,maka daya yang dibutuhkan akan semakin tinggi.
3. Sesuaikan  VGA Card dengan Power Supply yang anda gunakan.
4. Memiliki kecepatan core memori yang tinggi.
5. Memiliki GDR memori minimal DDR3.

Itulah Beberapa Penjelasan lengkap mengenai VGA Card.Semoga informasi yang saya berikan dapat menambah wawasan anda.Apabila ada kesalahan,mohon kritikannya :D.

 

Populer

Atas